berita_detail_page

Kompetisi Penerapan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi: Upaya Pemerintah Daerah Tingkatan Ketahanan Terhadap Penularan Virus COVID-19 D

Tanggal 21 Okt 2020 09:48

Yogyakarta (20/10). Sebagai salah satu upaya dalam peningkatan ketahanan terhadap penularan Virus Corona di proyek konstruksi, Pemerintah Daerah DIY melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas PUP-ESDM DIY) menjawab kebutuhan akan diseminasi dan informasi di sektor ke-PU-an melalui Klinik Konstruksi DIY yang menjadi wadah penyebaran berbagai informasi teknis sektor ke-PU-an yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Jasa Konstruksi (Balai PJK).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan Penyebaran Informasi dan Pameran Teknologi Ke-PU-an yang berwujud rangkaian kegiatan Kompetisi Pembuatan Film Peraga Pembelajaran (Video Blogging/ Vlog) Penerapan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi untuk mahasiswa tingkat D3/ S1 di DIY dan Jawa Tengah.

Karena sekarang zamannya serba teknologi, Balai PJK berusaha memanfaatkan trend tersebut untuk mendorong generasi muda masa kini ikut serta dalam upaya pemerintah meningkatkan ketahanan terhadap penularan Virus Corona di proyek konstruksi. Yaitu dengan lomba vlog ini. Pemerintah harus bisa merangkul generasi milineal. Ir.Agung Satrio, MT., selaku Kepala Balai PJK menyampaikan dalam pembukaan acara.

Dari 12 tim yang mendaftar, sebanyak 5 tim finalis mempresentasikan hasil karyanya secara online di hadapan peserta dan dewan juri yang berasal dari internal Dinas PUP dan ESDM DIY, praktisi/ akademisi pada bidang jasa konstruksi, dan praktisi/ akademisi ahli pada sektor protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Rangkaian kompetisi yang dimulai pada bulan Agustus 2020 ini berakhir pada 19 Oktober 2020 yang ditutup dengan pengumuman pemenang di Gedung Pertemuan Taman Perwacy dan disaksikan secara online oleh para peserta.

Kegiatan ini dapat menjadi forum virtual untuk para pemangku kepentingan dalam memperluas wawasan tentang solusi pencegahan dan peningkatan ketahanan terhadap wabah Virus Corona serta strategi strategi yang perlu dilakukan dalam mengarahkan implementasi protokol yang handal, tutur Yustina Ika Kurniawati, ST., MT selaku salah satu dewan juri lomba.

Dari hasil penjurian, diperoleh juara pertama yaitu tim yang terdiri dari mahasiswa UII UIN Sunan Kalijaga dengan judul Protokol Covid Pada Proyek Pembangunan Jalan Pendekat/Oprit Pada Ruas Jalan Raya Sumpiuh Karanggedang yang berhak atas hadiah Portable Hard Disk 2 TB USB 3.0, Trophy, dan Sertifikat. Juara kedua yaitu tim mahasiswa dari ISI Yogyakarta dan Universitas Sebelas Maret dengan judul Eksplorasi Protokol Kesehatan DI Area Proyek yang berhak atas hadiah Portable Hard Disk 1 TB USB 3.0, Trophy dan Sertifikat, dan juara ketiga yaitu tim mahasiswa dari UNY yang berhak atas hadiah Portable Hard Disk 500 GB USB 3.0, Trophy dan Sertifikat, serta Juara Favorit yaitu tim dari mahasiswa UII dengan judul Keblinger yang berhak atas hadiah Power Bank 20.000 mAH fast charging, Trophy dan Sertifikat.

Upaya pencegahan dan peningkatan ketahanan terhadap penularan Virus Corona dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Berbagai upaya kecil sederhana yang tepat bisa dijadikan alternatif oleh masyarakat untuk berkontribusi sesuai kemampuannya.

Yuk, jaga kesehatan mulai dari diri sendiri!