berita_detail_page

Resmi Dimulai, Kompetisi VLog “Penerapan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi” Sasar Mahasiswa DIY dan Jateng

Tanggal 10 Agt 2020 09:51



Yogyakarta (10/8). Upaya pencegahan dan penanganan COVID-19 pada proyek konstruksi membutuhkan peran serta dari berbagai pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, pihak swasta dan seluruh elemen masyarakat. Dunia usaha/ industri jasa konstruksi dan masyakat pekerja konstruksi, bahkan para calon tenaga kerja konstruksi (terampil/ ahli) yang masih mengenyam pendidikan pun, memiliki kontribusi besar dalam memutus mata rantai penularan.


Memang, Kementerian PUPR telah menerbitkan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi. Protokol ini dimaksudkan sebagai panduan bagi Pemilik/ Pengguna/ Penyelenggara bersama Konsultan, Kontraktor, Sub-Kontraktor, Vendor/ Supplier dan Fabrikator, Mandor serta para Pekerja dalam mencegah wabah COVID-19 di proyek konstruksi. Protokol ini adalah bagian dari seluruh kebijakan untuk mewujudkan keselamatan konstruksi yang dalam konteks ini bermakna sebagai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi yang mencakup : keselamatan dan kesehatan kerja, keselamatan publik, dan keselamatan lingkungan dalam setiap tahapan penyelenggaraan konstruksi.

Namun, itu saja belum cukup. Kita semua harus saling bahu-membahu berusaha maksimal memutus mata rantai penyebaran COVID-19 yang telah meluas hingga lintas kabupaten/kota, bahkan lintas provinsi.



Mulai Dari Yang Sederhana



Seperti yang telah dituliskan dalam artikel sebelumnya,
berbagai upaya dan strategi bisa kita lakukan dalam rangka upaya percepatan penanganan COVID-19 ini. Salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menerapkan perilaku yang tepat secara rutin dan disiplin, sehingga dapat meminimalisir risiko dan dampak penularan COVID-19 pada pekerjaan konstruksi.

Baca juga
: Balai Pengembangan Jasa Konstruksi DIY Fasilitasi Kompetisi VLog Penerapan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi

Baca juga : Balai Pengembangan Jasa Konstruksi DIY Fasilitasi Kompetisi VLog Penerapan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi (Bag-2)

Hal ini yang menjadi latar belakang Pemerintah Daerah DIY melalui Balai Pengembangan Jasa Konstruksi (Balai PJK), Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Dinas PUP-ESDM) DIY memfasilitasi kompetisi pembuatan film peraga pembelajaran (video blogging/ vlog) penerapan Protokol Pencegahan COVID-19 Di Proyek Konstruksi.

Bermitra dengan CV. Srikandi sebagai Event Organizer, kompetisi ini diharapkan akan memancing daya kreasi dan menumbuhkan kepedulian mahasiswa agar dapat ikut serta berkontribusi menerapkan pengetahuannya bagi masyarakat jasa konstruksi dalam rangka upaya menerapkan perilaku yang tepat untuk meminimalisir risiko dan dampak penularan COVID-19 pada pekerjaan konstruksi. Para mahasiswa/i tingkat D3/ S1 dari Fakultas Teknik sebagai calon tenaga kerja konstruksi (terampil/ ahli), menjadi target peserta kompetisi ini. Khususnya mahasiswa/i aktif yang berdomisili di DIY atau Jawa Tengah.

Proses rekruitmen peserta dimulai pada tanggal 1 Agustus 2020 sampai tanggal 2 September 2020. Setelah proses rekruitmen peserta dilaksanakan, akan dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan materi K3 Konstruksi dan Protokol Pencegahan COVID-19, yang akan disampaikan oleh narasumber Ahli. Kegiatan ini akan dilakukan bersamaan dengan agenda technical meeting kompetisi.


Juri kompetisi
ini terdiri dari 3 orang yang berasal dari unsur : praktisi K3 Konstruksi, pejabat struktural internal Dinas PUP-ESDM DIY, dan praktisi/ akademisi/ ahli bidang protokol kesehatan pencegahan COVID-19.


K
ompetisi ini memperebutkan hadiah utama dengan total nilai jutaan rupiah. Asyiknya, semua peserta yang lolos seleksi final akan mendapatkan sertifikat dan souvenir kece. Daaann, jangan khawatir! Seluruh rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memberlakukan protokol pencegahan COVID-19 ya.

Syarat dan ketentuan untuk bisa ikut kompetisi ini bisa kamu simak di website kami di
https://klinikkonstruksi.jogjaprov.go.id/ pada menu informasi, sub menu event atau pada https://bit.ly/KompetisiVlogBalaiPJKDIY. Jangan lupa follow instagram Balai PJK di @balaipjk_diy dan @semar.event untuk terus update infonya ya.

Tunggu apalagi? Daftarkan timmu sekarang juga!